ISO adalah organisasi
nonpemerintah, kemampuannya untuk menetapkan standar yang sering menjadi hukum
melalui persetujuan atau standar nasional membuatnya lebih berpengaruh daripada
kebanyakan organisasi non-pemerintah lainnya. Prakteknya ISO menjadi konsorsium
dengan hubungan yang kuat dengan pihak-pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk
satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.
Penerapan ISO di suatu perusahaan berguna
untuk:
- Meningkatkan citra perusahaan
- Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
- Meningkatkan efisiensi kegiatan
- Memperbaiki manajemen organisasi dengan
menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan
(plan, do, check, act)
- Meningkatkan penataan terhadap ketentuan
peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
- Mengurangi risiko usaha
- Meningkatkan daya saing
- Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan
baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
- Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal
PENGERTIAN ISO 9000
ISO 9000 adalah suatu standar internasional untuk
sistem manajemen mutu (SMM). ISO 9000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan
rekomendasi untuk desain dan penilaian SMM suatu organisasi yang bertujuan
untuk menjamin organisasi yang bersangkutan mampu menyediakan produk yang
memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan.
ISO 9000 bukan merupakan standar produk, tetapi merupakan standar dari sistem manajemen suatu organisasi yang apabila diterapkan dalam organisasi tersebut akan mempengaruhi bagaimana produk itu dihasilkan, mulai dari tingkat perencanaan, perancangan, pembuatan dan perakitan hingga penyerahan ke pelanggan.
Manfaat ISO 9000
Penerapan ISO 9000 bagi perusahaan bermanfaat :
1.Aspek Konsistensi Pelaksanaan dan Pengawasan
A.Memberikan Pendekatan Praktik yang Sistematis Untuk Manajemen Mutu.
A.Memberikan Pendekatan Praktik yang Sistematis Untuk Manajemen Mutu.
B. Memastikan Konsistensi Untuk memelihara mutu produk/jasa
Menetapkan
C. Menetapkan Kerangka Acuan Kerja Untuk Proses Peningkatan
Mutu Lebih Lanjut Dengan Membakukan Proses Guna Memastikan Konsistensi dan
mampu Menelusuri serta meningkatkan Hubungan Antara Fungsi yang Mempengaruhi
mutu.
2.Aspek Pengendalian Pencegahan
A.Mempengaruhi/ Menentukan Secara Jelas Tanggung Jawab dan Wewenang
dari PERSONE; Kunci yang Mempengaruhi Mutu.
B.Mendokumentasikan Prosedur Secara Baik Dalam Menjalankan
Operasi dan Proses Bisnis Penyediaan Jasa Atau Pabrik/Industri
C.Menerapkan Sistem Dokumentasi Yang Efektif melalui
mekanisme Audit Mutu Internal Dan Tinjauan Manajemen Yang kontinu.
3.Aspek Pertumbuhan Dan Pengembangan Perusahan:
A.Sebagai Sarana Pemasaran
A.Sebagai Sarana Pemasaran
B.Dapat Meningkatkan Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen/
Pelanggan
C.Dapat Meningkatkan Citra dan Daya Saing Perusahan
D.Dapat Meningkatkan Produktifitas Mutu Jasa/Produk
E.Dapat Memberikan Pelatihan yang Sistematik Kepada staf
Melalui Prosedur dan Instruksi yang Baik
KLAUSUL ISO 9000 :
Klausul
1. SKOPE
Skope atau Lingkup Sertifikasi harus tertulis jelas apa jenis usaha , Produk atau jasanya termasuk juga dimana saja ISO 9001:2015 ini akan di terapkan
Skope atau Lingkup Sertifikasi harus tertulis jelas apa jenis usaha , Produk atau jasanya termasuk juga dimana saja ISO 9001:2015 ini akan di terapkan
Klausul 2. ACUAN NORMATIVE
adalah dokumen yang dijadikan acuan dalam menerapkan ISO 9001:2015
adalah dokumen yang dijadikan acuan dalam menerapkan ISO 9001:2015
Klausul
3. ISTILAH DAN DEFINISI
Terms dan defininition menjelaskan definisi beberapa istilah yang sering digunakan dalam ISO 9001:2015
Terms dan defininition menjelaskan definisi beberapa istilah yang sering digunakan dalam ISO 9001:2015
Klausal
4. KONTEKS ORGANISASI
Memahami Organisasi & Konteksnya
Memahami produk dan jasa organisasi, dan ruang lingkup sistem manajemen
Memahami masalah internal dan eksternal yang menjadi perhatian Organisasi dan pihak berkepentingan;
Memahami Organisasi & Konteksnya
Memahami produk dan jasa organisasi, dan ruang lingkup sistem manajemen
Memahami masalah internal dan eksternal yang menjadi perhatian Organisasi dan pihak berkepentingan;
KLAUSUL
5. KEPEMIMPINAN
Top Manjemen harus memberikan bukti kepemimpinan dan komitmen untuk pengembangan dan pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu dan terus-menerus meningkatkan efektivitas dengan cara :
1.Memastikan bahwa sumber daya yang dibutuhkan untuk sistem manajemen tersedia
2.Mengkomunikasikan pentingnya manajemen mutu yang efektif dan sesuai dengan persyaratan Sistem Manajemen Mutu
3.Mengarahkan dan mendukung semua orang untuk berkontribusi terhadap pengembangan sistem manajemen yang effektif;
4.mempromosikan perbaikan berkelanjutan
5.Mendukung peran manajemen yang relevan lainnya untuk menunjukkan kepemimpinan mereka yang berlaku untuk area yang menjadi tanggung jawabnya.
Top Manjemen harus memberikan bukti kepemimpinan dan komitmen untuk pengembangan dan pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu dan terus-menerus meningkatkan efektivitas dengan cara :
1.Memastikan bahwa sumber daya yang dibutuhkan untuk sistem manajemen tersedia
2.Mengkomunikasikan pentingnya manajemen mutu yang efektif dan sesuai dengan persyaratan Sistem Manajemen Mutu
3.Mengarahkan dan mendukung semua orang untuk berkontribusi terhadap pengembangan sistem manajemen yang effektif;
4.mempromosikan perbaikan berkelanjutan
5.Mendukung peran manajemen yang relevan lainnya untuk menunjukkan kepemimpinan mereka yang berlaku untuk area yang menjadi tanggung jawabnya.
KLAUSUL
6. PERENCANAAN
Tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang
Organisasi harus mengambil Peluang yang ada dan serta membuat identifikasi terhadap resiko yang akan di hadapi oleh organisasi di masa yang akan datang.
Tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang
Organisasi harus mengambil Peluang yang ada dan serta membuat identifikasi terhadap resiko yang akan di hadapi oleh organisasi di masa yang akan datang.
KLAUSUL
7. DUKUNGAN
Klausul mengenai informasi terdokumentasi , infrastuktur, SDM, semua terangkum dalam klausul ini.
Pengelolaan SDM baik recruitment maupun Pelatihan masuk dalam klausul 7 ini.
selain itu pengelolaan infrastruktur dan lingkungan kerja juga masuk di klausal ini
Klausul mengenai informasi terdokumentasi , infrastuktur, SDM, semua terangkum dalam klausul ini.
Pengelolaan SDM baik recruitment maupun Pelatihan masuk dalam klausul 7 ini.
selain itu pengelolaan infrastruktur dan lingkungan kerja juga masuk di klausal ini
KLAUSUL 8. OPERATION
Klausal ini membahas mengenai Operational
Dimulai dari perencanaan realisasi produk sampai dengan delivery dan bahkan after sales.
Tambahan juga di klausul ini adalah mengenai External Provided atau penyedia eksternal termasuk di dalamnya supplier
KLAUSUL
9. PERFORMANCE EVALUATION
Kepuasan Pelanggan
Sebagai salah satu pengukuran kinerja sistem manajemen, Organisasi memonitor informasi yang berkaitan dengan persepsi pelanggan apakah organisasi telah memenuhi persyaratan pelanggan. Metode ini adalah Prosedur survey kepuasan pelanggan.
Kepuasan Pelanggan
Sebagai salah satu pengukuran kinerja sistem manajemen, Organisasi memonitor informasi yang berkaitan dengan persepsi pelanggan apakah organisasi telah memenuhi persyaratan pelanggan. Metode ini adalah Prosedur survey kepuasan pelanggan.
KLAUSUL
10. PENINGKATAN
Perbaikan terus menerus
Organisasi menggunakan sistem manajemen untuk meningkatkan proses, produk dan jasa. Peningkatan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan serta pihak lain yang berkepentingan, sejauh mungkin.
Contoh perusahaan yang menerapkan iso 9000 yaitu :
Maskapai flag carrier nasional Garuda Indonesia (Persero), menerima sertifikat standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk Delay Management. Sertifikat tersebut merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia dalam meningkatkan kinerja dan menerapkan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa khususnya dalam prosedur penanganan keterlambatan penerbangan.
Organisasi menggunakan sistem manajemen untuk meningkatkan proses, produk dan jasa. Peningkatan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan serta pihak lain yang berkepentingan, sejauh mungkin.
Contoh perusahaan yang menerapkan iso 9000 yaitu :
Maskapai flag carrier nasional Garuda Indonesia (Persero), menerima sertifikat standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk Delay Management. Sertifikat tersebut merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia dalam meningkatkan kinerja dan menerapkan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa khususnya dalam prosedur penanganan keterlambatan penerbangan.
Referensi :
http://sertifikat-iso.com/klausul-iso-90012015
https://www.scribd.com/doc/221847059/MAKALAH-EKONOMI-Tentang-ISO-9000-Dan-Perusahaan-Jasa-Konstruksi-docx
https://www.scribd.com/doc/221847059/MAKALAH-EKONOMI-Tentang-ISO-9000-Dan-Perusahaan-Jasa-Konstruksi-docx
Silvia fransisca putri (0216101191)
BalasHapuspersyatan apa saja yg berlaku di dalam iso 14000
Kesesuaian sistem manajemen dengan persyaratan ISO-14001 (yang berarti keberhasilanmemperoleh
Hapussertifikat ISO-14001) dan meningkatnya kemampuan organisasi dalam melakukan pengendalian
terhadap berbagai aktifitas yang mempunyai dampak terhadap lingkungan.
SERTIFIKASI ISO 14001
Sambutan ISO seri 14000 di Indonesia sangat baik, tak kurang dari 85 industri yang telah sukarela
menerapkan SML (ISO 14001) dalam menjalankan kegiatan usahanya. Dari 85 industri tersebut, tercatat
sudah 26 industri yang telah memperoleh sertifikat ISO 14001. Penerapan ISO 14001 adalah pendekatan
sistem, jadi dengan menerapkan standard tersebut berarti kita memperbaiki sistem.
Sertifikasi atas ISO 14001 mempunyai arti bahwa sistem manajemen lingkungan dari perusahaan
diakses, dinilai atau dievaluasi, dan hasilnya telah memenuhi persayaratan-persyaratan yang sesuai
dengan standar SML ISO 14001. Terdapat tiga jenis sertifikasi, yaitu :
– Sertifikasi jenis I atau sertifikasi pihak ketiga
– Sertifikasi jenis II atau pernyataan diri
– Sertifikasi jenis III atau sertifikasi pihak kedua
Jihan 0216101122
BalasHapusBagaimana cara mendapat sertifikat iso14000 dan apakah mayoritas pabrik di indonesia sudah memiliki sertifikat iso14000?
Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 14001
HapusMenentukan apa jenis sertifikasi yang akan diambil. Jika sudah dipilih sertifikasi ISO 14001 maka Anda
bisa segera menyiapkan persyaratan administratifnya.
Persiapan dari segenap pihak management untuk bersedia menerapkan pedoman ISO 14001.
Persiapan sumber daya manusia yang akan menerapkan ISO pada perusahaan atau instansi terkait.
Training dan sosialisasi sistem ISO pada seluruh karyawan.
Mengembangkan dokumen sistem.
Audit secara internal.
Revisi sistem yang telah dibuat.
Management review
Audiit sertifikasi ISO part 1 dan part 2.
Tentu sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan ISO 14000 contohnya seperti yang
sudah tertara di blog
Nama : Mohamad derry arafah
BalasHapusNPM. : 0216101436
Apa gunanya seri Standar ISO 9000 ?
Seri standar ISO 9000 digunakan untuk memperagakan kemampuan organisasi untuk taat asasdalam
Hapusmemberikan produk yang memenuhi permintaan pelanggan dan peraturan yang berlaku. Tujuannya
untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem manajemen mutu secara efektif,
termasuk proses perbaikan yang berkelanjutan (continuous improvement)
Indra Syahril (0216101084)
BalasHapusLebih di unggulkan mana ISO 9000 atau ISO 14000?
Menurut kami, masing masing ISO mempunyai keunggulan yang berbeda, tentunya sesuai dengan
Hapusperusahaan nya sendiri yang mampu menerapkan ISO tersebut